Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari halaman 14 hingga 16 pada buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka, khususnya bagian “Ayo Berlatih”. Materi ini dirancang untuk membantu siswa dalam memahami konsep-konsep dasar matematika melalui latihan soal yang menyenangkan dan mendidik. Artikel ini akan memberikan penjelasan langkah demi langkah mengenai cara menjawab soal-soal tersebut serta memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai topik yang dibahas.

1. Tuliskan bilangan yang terdiri atas 4 angka dan letakkan setiap angka sesuai nilai tempatnya.
A. Ribuan: 7, Ratusan: 8, Puluhan: 1, Satuan: 2
Jawaban: Ribuan Ratusan Puluhan Satuan 7 8 1 2

B. Ribuan: …, Ratusan: 9, Puluhan: …, Satuan: …
Jawaban: Ribuan Ratusan Puluhan Satuan 4 9 6 3

C. Ribuan: …, Ratusan: …, Puluhan: …, Satuan: 1
Jawaban: Ribuan Ratusan Puluhan Satuan 8 7 5 1

2. Tulis nilai tempat dari angka 6 pada bilangan berikut.

- 8.463 (Puluhan)
Jawaban: Puluhan = 60 - 4.675 (…)
Jawaban: Ratusan = 600 - 6.789 (…)
Jawaban: Ribuan = 6.000 - 1.236 (…)
Jawaban: Satuan = 6
3. Azizah membantu Ibu menjual kue buatan Ibu ke temannya. Slamet membeli kue seharga Rp7.350,00. Slamet mempunyai pecahan uang Rp9.500,00 di saku bajunya. Slamet membayar kue tersebut dan mendapatkan sisa uangnya sebesar Rp2.150,00.
Pertanyaan:
a. Tentukan nilai tempat dari 7.350
b. Tentukan nilai tempat dari 9.500
c. Tentukan nilai tempat dari 2.150
Jawaban dan Pembahasan
a. Nilai Tempat dari 7.350
Mari kita uraikan angka 7.350 sesuai nilai tempatnya:
- Angka 7 berada di ribuan, sehingga nilai tempatnya adalah 7.000.
- Angka 3 berada di ratusan, sehingga nilai tempatnya adalah 300.
- Angka 5 berada di puluhan, sehingga nilai tempatnya adalah 50.
- Angka 0 berada di satuan, sehingga nilai tempatnya adalah 0.
Kesimpulan:
Nilai tempat dari angka-angka pada 7.350 adalah:
- 7 → ribuan → 7.000
- 3 → ratusan → 300
- 5 → puluhan → 50
- 0 → satuan → 0
b. Nilai Tempat dari 9.500
Sekarang, kita uraikan angka 9.500 sesuai nilai tempatnya:
- Angka 9 berada di ribuan, sehingga nilai tempatnya adalah 9.000.
- Angka 5 berada di ratusan, sehingga nilai tempatnya adalah 500.
- Angka 0 di puluhan dan satuan tidak memiliki nilai, tetap 0.
Kesimpulan:
Nilai tempat dari angka-angka pada 9.500 adalah:
- 9 → ribuan → 9.000
- 5 → ratusan → 500
- 0 → puluhan → 0
- 0 → satuan → 0
c. Nilai Tempat dari 2.150
Terakhir, kita uraikan angka 2.150 sesuai nilai tempatnya:
- Angka 2 berada di ribuan, sehingga nilai tempatnya adalah 2.000.
- Angka 1 berada di ratusan, sehingga nilai tempatnya adalah 100.
- Angka 5 berada di puluhan, sehingga nilai tempatnya adalah 50.
- Angka 0 berada di satuan, sehingga nilai tempatnya adalah 0.
Kesimpulan:
Nilai tempat dari angka-angka pada 2.150 adalah:
- 2 → ribuan → 2.000
- 1 → ratusan → 100
- 5 → puluhan → 50
- 0 → satuan → 0
4. Salin tabel berikut dan lengkapilah dengan angka yang sesuai dengan nilai tempatnya.
No | Lambang Bilangan | Ribuan | Ratusan | Puluhan | Satuan |
---|---|---|---|---|---|
1 | 6.192 | 6 | 1 | 9 | 2 |
2 | 2.910 | 2 | 9 | 1 | 0 |
3 | 4.128 | 4 | 1 | 2 | 8 |
4 | 9.217 | 9 | 2 | 1 | 7 |
Semoga jawaban ini membantu Anda memahami konsep nilai tempat bilangan dengan lebih baik! Jika ada pertanyaan lain, jangan ragu untuk bertanya.
Baca Juga
- awaban Halaman 64-65 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka Ayo Berlatih
- Jawaban Halaman 70 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka Ayo Berlatih
- Jawaban Halaman 74-75 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka Ayo Berlatih
Guru Pendamping
Jika masih belum memahami konsep materi di atas ayah bunda bisa kami bantu dengan guru pendamping yang berpengalaman hubungi kami di sini
Rekomendasi Web
Dapatkan bahan pelajaran lainnya di Link berikut ini (Klik Di sini)
Pada halaman 14 hingga 16 buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka “Ayo Berlatih”, siswa berlatih nilai tempat suat bilangan serta menyelesaikan masalah kontekstual yang melibatkan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Dengan latihan yang terstruktur ini, siswa dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi matematika dengan cara yang menyenangkan dan aplikatif.
Dengan berlatih secara rutin, siswa dapat memperkuat kemampuan matematika dasar mereka dan siap menghadapi tantangan soal-soal yang lebih kompleks di masa mendatang.