Jawaban Halaman 15-16 Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka: Menyelesaikan Soal Pecahan dan Perbandingan
Pada artikel ini, kita akan membahas soal-soal yang terdapat dalam buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka, halaman 15-16, yang melibatkan operasi pecahan dan perbandingan. Mari kita selesaikan soal-soal berikut dengan langkah-langkah yang mudah dipahami.

Soal 1: Hani Membuat 4 Potong Pita
Soal:
Hani membuat 4 potong pita dengan panjang masing-masing ¾ meter.
Pertanyaan:
a. Arsirlah masing-masing bagian pita yang dimiliki Hani. (Keterangan: setiap pita panjangnya 1 meter)
b. Berapa meter panjang potongan pita seluruhnya yang dimiliki Hani?
Jawaban 1:
a. Arsirlah masing-masing bagian pita yang dimiliki Hani.
Untuk soal pertama ini, kita diminta untuk menggambarkan pita yang panjangnya ¾ meter. Agar lebih jelas, kita akan menggambarkan pita yang panjangnya 1 meter dan memberi tanda untuk ¾ meter pada pita tersebut.
- Misalnya, gambar pita dengan panjang 1 meter.
- Bagilah pita tersebut menjadi 4 bagian yang sama besar, karena ¾ meter adalah 3 dari 4 bagian yang ada.
- Tandai ¾ bagian pita dengan arsiran untuk menunjukkan panjang pita yang dimiliki Hani.
b. Berapa meter panjang potongan pita seluruhnya yang dimiliki Hani?
Jika Hani memiliki 4 potong pita, dan masing-masing pita memiliki panjang ¾ meter, maka untuk menghitung panjang total pita yang dimiliki Hani, kita tinggal mengalikan jumlah potongan pita dengan panjang masing-masing pita. 4×34=124=3 meter4 \times \frac{3}{4} = \frac{12}{4} = 3 \text{ meter}
Jadi, panjang total potongan pita yang dimiliki Hani adalah 3 meter.
Soal 2: Fina Membuat Kue Pastel
Soal:
Fina membuat 75 kue pastel untuk acara keluarganya. Sebanyak ²⁵/₁₅ bagian dari 75 pastel tersebut telah dikonsumsi oleh keluarganya selama acara berlangsung.
Pertanyaan:
a. Banyaknya kue pastel yang sudah dikonsumsi oleh keluarga Fina.
b. Banyaknya kue pastel yang belum dikonsumsi oleh keluarga Fina.
Jawaban 2:
a. Banyaknya kue pastel yang sudah dikonsumsi oleh keluarga Fina.
Untuk mencari banyaknya kue pastel yang sudah dikonsumsi, kita harus mengalikan total pastel dengan bagian yang telah dikonsumsi (²⁵/₁₅). Dalam hal ini, kita tinggal menghitung: 1525×75=1525×75=151875=125
Jadi, 125 kue pastel telah dikonsumsi oleh keluarga Fina.
b. Banyaknya kue pastel yang belum dikonsumsi oleh keluarga Fina.
Setelah mengetahui jumlah kue yang dikonsumsi, kita dapat menghitung sisa kue yang belum dikonsumsi dengan cara mengurangi total pastel dengan jumlah pastel yang sudah dikonsumsi. 75−125=−5075 – 125 = -50
Dengan demikian, kue pastel yang belum dikonsumsi adalah 0.
Jawaban Halaman 15-16 Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka: Menyelesaikan Soal Perbandingan dan Pecahan
Pada artikel ini, kita akan membahas soal yang terdapat dalam buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka, halaman 15-16, yang melibatkan konsep pecahan dan perbandingan. Soal ini berkaitan dengan jumlah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler di SD Melati. Mari kita selesaikan soal-soal berikut dengan langkah-langkah yang jelas dan mudah dipahami.
Soal 3: Jumlah Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler di SD Melati
Soal:
Ada 180 siswa kelas 6 di SD Melati. Sebanyak 1/6 dari seluruh siswa tersebut memilih ekstrakurikuler musik dan 2/3 dari siswa yang memilih ekstrakurikuler musik juga memilih ekstrakurikuler melukis. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
Pertanyaan a:
Berapa banyak siswa kelas 6 yang mengikuti ekstrakurikuler musik?
Untuk mencari jumlah siswa yang memilih ekstrakurikuler musik, kita dapat mengalikan jumlah total siswa dengan pecahan yang mewakili siswa yang memilih musik (1/6). 16×180=1806=30\frac{1}{6} \times 180 = \frac{180}{6} = 30
Jadi, 30 siswa kelas 6 di SD Melati mengikuti ekstrakurikuler musik.
Pertanyaan b:
Berapa banyak siswa kelas 6 yang mengikuti ekstrakurikuler melukis?
Diketahui bahwa 2/3 dari siswa yang mengikuti musik juga memilih ekstrakurikuler melukis. Oleh karena itu, kita dapat menghitung jumlah siswa yang mengikuti melukis dengan mengalikan jumlah siswa yang memilih musik dengan pecahan 2/3. 23×30=603=20\frac{2}{3} \times 30 = \frac{60}{3} = 20
Jadi, 20 siswa kelas 6 mengikuti ekstrakurikuler melukis.
Pertanyaan c:
Sebutkan bentuk pecahan yang menunjukkan banyak siswa kelas 6 yang mengikuti ekstrakurikuler melukis.
Banyaknya siswa yang mengikuti ekstrakurikuler melukis dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan dengan cara membagi jumlah siswa yang mengikuti melukis dengan jumlah total siswa. 20180=19\frac{20}{180} = \frac{1}{9}
Jadi, bentuk pecahan yang menunjukkan banyak siswa yang mengikuti ekstrakurikuler melukis adalah 1/9 dari total siswa.
Soal 4: Membuat Soal Cerita Perkalian Pecahan
Soal:
Buatlah sebuah soal cerita yang menyatakan bentuk perkalian pecahan berikut ini:
a. 1/4 × 20 = …
b. 20 × 1/4 = …
Jawaban 2:
a. Soal cerita untuk 1/4 × 20:
Pada sebuah toko, terdapat 20 kotak pensil. Jika 1/4 dari kotak pensil tersebut diberikan kepada sekolah-sekolah di desa sekitar, berapa banyak kotak pensil yang diberikan? 14×20=5\frac{1}{4} \times 20 = 5
Jadi, 5 kotak pensil diberikan kepada sekolah-sekolah.
b. Soal cerita untuk 20 × 1/4:
Ali membeli 20 potong roti. Setiap roti dimakan oleh 1/4 keluarga Ali. Berapa banyak potong roti yang dimakan oleh keluarga Ali? 20×14=520 \times \frac{1}{4} = 5
Jadi, 5 potong roti dimakan oleh keluarga Ali.
Kesimpulan:
Melalui soal-soal ini, kita dapat belajar cara menyelesaikan masalah yang melibatkan pecahan dan perbandingan. Menggunakan langkah-langkah yang jelas akan membantu mempermudah perhitungan dan meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas 6 SD. Semoga artikel ini membantu dalam memahami cara mengerjakan soal-soal di buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka.
Baca Juga
Guru Pendamping
Jika ayah bunda membutuhkan Guru pendamping untuk menjelaskan doal diatas bisi hubungi