Artikel ini menjawab soal pada halaman 174-176 buku Matematika Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka. Soal ini membahas konsep bangun datar, segi banyak, serta sifat-sifatnya. Mari kita simak penjelasan dan jawaban dari soal-soal berikut.
Soal 1: Perhatikan gambar berikut : Tentukan mana yang termasuk bangun segi banyak dan bukan segi banyak

Definisi Segi Banyak:
- Bangun datar yang memiliki sisi berupa garis lurus.
- Harus membentuk bidang tertutup.
Jawaban:
- Segi Banyak: Gambar (b), (c), (f), (i).
- Bukan Segi Banyak: Gambar (a), (d), (e), (g), (h).
Soal 2: Berdasarkan gambar sebelumnya tentukan mana yang termasuk bangun
segi banyak beraturan dan bangun segi banyak tidak beraturan.
- Segi Banyak Beraturan: Gambar (i) (semua sisi dan sudut sama besar).
- Segi Banyak Tidak Beraturan: Gambar (b), (c), (f).
Soal 3: Sebutkan ciri-ciri dari bangun segi banyak beraturan.
Ciri-Ciri Segi Banyak Beraturan:
- Semua sisi memiliki panjang yang sama.
- Semua sudut memiliki besar yang sama.
- Memiliki simetri yang sempurna.
- Contoh: Segitiga sama sisi, persegi, dan bentuk beraturan lainnya.
Soal 4: Hitunglah jumlah sudut lancip dan sudut tumpul pada bangun segi
banyak tak beraturan tersebut.

Penjelasan:
- Sudut Lancip: Sudut kurang dari 90°.
- Sudut Tumpul: Sudut lebih dari 90°.
- Berdasarkan gambar:
- Bangun (b): 2 sudut lancip, 4 sudut tumpul.
- Bangun (c): Semua sudut siku-siku (tidak ada sudut lancip atau tumpul).
- Bangun (f): 8 sudut, terdiri dari 8 sudut tumpul.
5. Buatlah bangun segi banyak dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Bangun segi banyak beraturan dengan 10 sisi
b. Bangun segi banyak tak beraturan dengan 5 sisi
c. Bangun segi banyak beraturan dengan 5 sudut lancip
d. Bangun segi banyak tak beraturan dengan 3 sudut lancip dan 3 sudut tumpul
Pembahasan :
a. Bangun segi banyak beraturan dengan 10 sisi:
- Contoh: Dekagon beraturan.
b. Bangun segi banyak tidak beraturan dengan 5 sisi: - Contoh: Bangun pentagon dengan sisi yang berbeda panjang.
c. Bangun segi banyak beraturan dengan 5 sudut lancip: - Tidak mungkin, karena segi banyak beraturan memiliki sudut yang sama besar.
d. Bangun segi banyak tidak beraturan dengan 3 sudut lancip dan 3 sudut tumpul: - Contoh: Bangun heksagon dengan variasi sudut.
6. Budi setiap pagi hari berolahraga lari mengelilingi taman kota yang berbentuk segienam beraturan. Jika panjang salah satu sisi taman kota tersebut adalah 50 meter, maka berapa jarak yang ditempuh oleh Budi untuk mengelilingi taman kota tersebut?
Panjang sisi taman kota = 50 meter.
Jumlah sisi segienam = 6.
Keliling: 50×6=300 meter.50 \times 6 = 300 \, \text{meter.}
Jawab: Budi menempuh jarak 300 meter.
7. Sebutkan persamaan dan perbedaan ciri-ciri bangun A dan B tersebut !

Persamaan:
- Sebagai contoh, keduanya memiliki sisi dan sudut.
Perbedaan: - Bangun A mungkin beraturan, sedangkan B tidak beraturan (bergantung pada gambar).
8. Dapatkah dibuat segitiga siku-siku sekaligus sama kaki? Jelaskan pendapat kalian.
Jawab: Ya, bisa. Jika kedua kaki segitiga siku-siku memiliki panjang yang sama, maka segitiga tersebut adalah siku-siku dan sama kaki.
9. Dapatkah segitiga tumpul sekaligus merupakan segitiga siku-siku? Jelaskan pendapat kalian.
Jawab: Tidak mungkin. Segitiga siku-siku memiliki sudut 90°, sedangkan segitiga tumpul memiliki sudut lebih dari 90°.
10. Mengapa jajargenjang tidak bisa dinamakan trapesium, padahal
trapesium hanya memiliki sepasang sisi sejajar, sementara itu jajar
genjang memiliki dua pasang sisi sejajar? Jelaskan.
Jawab:
- Jajargenjang memiliki dua pasang sisi sejajar, sedangkan trapesium hanya memiliki satu pasang sisi sejajar.
11. Ciri apa apa saja yang menyebabkan belah ketupat tidak bisa dinamakan trapesium?
Jawab:
- Belah ketupat memiliki dua pasang sisi sejajar, sedangkan trapesium hanya memiliki satu pasang sisi sejajar.
12. Buatlah minimal 4 bangun datar berbeda bentuknya kemudian susun menjadi satu bangun datar dengan berbagai cara yang mungkin.
Contoh: Gabungkan persegi, segitiga, lingkaran, dan trapesium menjadi bentuk baru seperti rumah.
13. Buatlah suatu bangun datar tertentu yang dapat diuraikan menjadi minimal 4 bangun datar berbeda.
Contoh: Persegi panjang dapat diuraikan menjadi dua segitiga dan dua persegi kecil.
Soal 14: Perhatikan penyusunan beberapa bangun datar sehingga menjadi satu bangun berikut.

Susun beberapa bangun datar tersebut sehingga menjadi satu bangun datar yang berbeda dengan gambar tersebut.
Penjelasan:
Dari gambar, terlihat beberapa bangun datar, seperti:
- Segitiga
- Persegi panjang
- Trapesium
- Persegi
Jawaban:
Bangun-bangun datar tersebut dapat disusun menjadi bangun baru, misalnya:
- Bentuk rumah: Gunakan segitiga sebagai atap, persegi panjang sebagai badan rumah, dan persegi kecil sebagai pintu.
- Bentuk pohon: Gunakan segitiga sebagai daun dan persegi panjang sebagai batang pohon.
Langkah:
- Susun bangun datar sesuai imajinasi sehingga membentuk bangun yang baru dan berbeda dari gambar di soal.
Soal 15: Perhatikan bangun datar yang telah diuraikan menjadi beberapa bangun
datar berikut.

Uraikan bangun datar tersebut sehingga menjadi beberapa bangun datar yang berbeda dengan gambar tersebut.
Penjelasan:
Dari gambar yang ada, bangun datar besar dapat diuraikan menjadi beberapa bangun datar kecil, seperti:
- Segitiga kecil
- Persegi kecil
- Trapesium kecil
Jawaban:
Bangun besar tersebut dapat diuraikan menjadi:
- Dua segitiga.
- Satu persegi panjang kecil.
- Satu trapesium kecil.
Langkah:
Pisahkan bangun datar sesuai garis pembatas yang ada pada gambar sehingga menghasilkan beberapa bangun datar baru.
Kesimpulan
Materi bangun datar membantu siswa memahami sifat-sifat dan cara menyusun atau menguraikan bangun. Dengan latihan ini, siswa dapat berpikir kreatif dan memahami geometri lebih mendalam.
Semoga artikel ini bermanfaat! 😊
Baca Juga
Jawaban Halaman 191-192 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka Ayo Berlatih
Guru Pendamping
Guru Pendamping
Jika masih belum memahami konsep materi di atas ayah bunda bisa kami bantu dengan guru pendamping yang berpengalaman hubungi kami di sini