ada halaman 269-270 Buku Matematika Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka, siswa akan belajar tentang konsep-konsep matematika yang penting yaitu pengolahan data dan Diagram . Halaman ini memberikan latihan-latihan yang bertujuan untuk melatih pemahaman siswa dalam memecahkan masalah matematika yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah jawaban dan penjelasan dari soal-soal yang terdapat pada halaman tersebut.

Pengunjung Perpustakaan
Soal: Berikut adalah data pengunjung perpustakaan SD Pancasila selama seminggu.
Tabel 8.13 Data Pengunjung Perpustakaan SD Pancasila
Hari | Banyaknya Pengunjung |
---|---|
Senin | 42 |
Selasa | 60 |
Rabu | 50 |
Kamis | 36 |
Jumat | 24 |
Sabtu | 48 |
Jawaban:
a. Diagram Batang Diagram batang dapat dibuat berdasarkan data di atas. Setiap batang akan merepresentasikan jumlah pengunjung pada masing-masing hari.
b. Diagram Piktogram Diagram piktogram dibuat dengan menggunakan simbol tertentu (misalnya, 1 simbol mewakili 10 pengunjung). Contohnya:
- Senin: ■■■■
- Selasa: ■■■■■■
- Rabu: ■■■■■
- Kamis: ■■■■
- Jumat: ■■
- Sabtu: ■■■■■
c. Kapan perpustakaan menerima pengunjung paling banyak? Jawab: Perpustakaan menerima pengunjung paling banyak pada hari Selasa (60 pengunjung).
d. Kapan perpustakaan menerima pengunjung paling sedikit? Jawab: Perpustakaan menerima pengunjung paling sedikit pada hari Jumat (24 pengunjung).
e. Urutan hari berdasarkan banyaknya pengunjung dari yang paling sedikit ke yang paling banyak:
- Jumat (24 pengunjung)
- Kamis (36 pengunjung)
- Senin (42 pengunjung)
- Sabtu (48 pengunjung)
- Rabu (50 pengunjung)
- Selasa (60 pengunjung)
f. Banyaknya penurunan pengunjung pada hari Jumat: Penurunan pengunjung dari Kamis ke Jumat adalah: 36 – 24 = 12 pengunjung.
Ayo Menabung
Piktogram pada Gambar 8.11 menunjukkan tabungan Nisa selama 5 minggu:
Minggu | Banyaknya Tabungan |
---|---|
1 | Rp40.000 |
2 | Rp50.000 |
3 | Rp35.000 |
4 | Rp60.000 |
5 | Rp45.000 |
Jawaban:
a. Pada minggu berapa Nisa menabung paling banyak? Jawab: Nisa menabung paling banyak pada minggu ke-4 (Rp60.000).
b. Berapa banyaknya tabungan Nisa pada minggu ke-4? Jawab: Rp60.000.
c. Berapa selisih antara tabungan Nisa pada minggu ke-2 dan ke-5? Jawab: Selisihnya adalah: Rp50.000 – Rp45.000 = Rp5.000.
d. Apakah uang Nisa cukup untuk membeli satu set alat gambar? Total tabungan Nisa: Rp40.000 + Rp50.000 + Rp35.000 + Rp60.000 + Rp45.000 = Rp230.000. Harga alat gambar: Rp150.000. Karena Rp230.000 > Rp150.000, uang Nisa cukup untuk membeli alat gambar.
e. Jika uang Nisa cukup, adakah lebihnya? Jika belum cukup, berapa lagi yang harus ditabung? Lebihnya adalah: Rp230.000 – Rp150.000 = Rp80.000.
f. Jika data tersebut dibuat diagram batang, mana yang benar? Jawaban: Diagram batang yang benar adalah diagram yang menunjukkan jumlah tabungan Nisa setiap minggu sesuai dengan data di tabel, dengan panjang batang yang proporsional terhadap jumlah tabungan.
Artikel ini memberikan penjelasan lengkap dan sesuai dengan kurikulum merdeka. Dengan pembahasan ini, siswa diharapkan dapat memahami cara membuat diagram dan menganalisis data dari tabel dengan lebih baik.
Kesimpulan
Jawaban pada halaman 269-270 Buku Matematika Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka ini meliputi latihan-latihan mengenai operasi hitung pecahan, konversi satuan ukuran, dan penerapan matematika dalam soal cerita. Dengan memahami konsep-konsep ini, siswa dapat mengembangkan keterampilan matematika yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Pastikan untuk terus berlatih dan memahami setiap langkah dalam menyelesaikan soal-soal matematika agar semakin mahir!
Baca Juga
- Jawaban Halaman 247 Buku Matematika Kelas 5 Kurikulum Merdeka Ayo Berlatih
- Jawaban Halaman 251-252 Buku Matematika Kelas 5 Kurikulum Merdeka Ayo Berlatih
Guru Pendamping
Jika masih belum memahami konsep materi di atas ayah bunda bisa kami bantu dengan guru pendamping yang berpengalaman hubungi kami di sini
Tag: #MatematikaKelas5 #KurikulumMerdeka #BukuMatematika #Pecahan #OperasiHitung #Pengukuran #KonversiSatuan #SoalCerita #MatematikaSD #PendidikanAnak #Pembelajaran #SDKurikulumMerdeka #BukuKurikulumMerdeka #LatihanMatematika