Untuk membantu kalian memahami cara menjawab soal penjumlahan pada buku Matematika Kelas 4, berikut adalah penyelesaian soal-soal yang ada di Halaman 32-34 secara rinci. Jangan lupa untuk memeriksa kembali jawaban dan mencatatnya di buku tulis masing-masing.
1. Gunakan Cara Susun Panjang untuk Penjumlahan berikut!

a. 333 + 205
- Pecahan bilangan:
333 = 300 + 30 + 3
205 = 200 + 0 + 5 - Hasil = 500 + 30 + 8 = 538

b. 812 + 116
- Pecahan bilangan:
812 = 800 + 10 + 2
116 = 100 + 10 + 6 - Hasil = 900 + 20 + 8 = 928

c. 576 + 148
- Pecahan bilangan:
576 = 500 + 70 + 6
148 = 100 + 40 + 8 - Hasil = 600 + 110 + 14 = 724
2. Gunakan Cara Susun Pendek untuk Penjumlahan
a. 373 + 208
Ratusan | Puluhan | Satuan |
---|---|---|
3 | 7 | 3 |
2 | 0 | 8 |
Hasil = 581
b. 277 + 146
Ratusan | Puluhan | Satuan |
---|---|---|
2 | 7 | 7 |
1 | 4 | 6 |
Hasil = 423
c. 627 + 92
Ratusan | Puluhan | Satuan |
---|---|---|
6 | 2 | 7 |
0 | 9 | 2 |
Hasil = 719
d. 234 + 279 + 444
Ratusan | Puluhan | Satuan |
---|---|---|
2 | 3 | 4 |
2 | 7 | 9 |
4 | 4 | 4 |
Hasil = 957
e. 49 + 178
Ratusan | Puluhan | Satuan |
---|---|---|
0 | 4 | 9 |
1 | 7 | 8 |
Hasil = 227
f. 612 + 48 + 156
Ratusan | Puluhan | Satuan |
---|---|---|
6 | 1 | 2 |
0 | 4 | 8 |
1 | 5 | 6 |
Hasil = 816
3. Gunakan cara yang menurut kalian mudah untuk menyelesaikan operasi penjumlahan berikut!
Soal a: 333 + 519 = ……
Untuk menjumlahkan angka 333 dan 519, kita dapat menggunakan metode penjumlahan kolom atau menjumlahkan per digit (satuan, puluhan, ratusan).
- Ratusan: 3 + 5 = 8
- Puluhan: 3 + 1 = 4
- Satuan: 3 + 9 = 12 (tulis 2, sisakan 1 untuk ditambahkan pada puluhan)
Maka, hasil penjumlahan 333 + 519 = 852.
Soal b: 429 + 19 = …….
Pada soal ini, kita dapat menjumlahkan angka 429 dengan 19 menggunakan cara yang mudah.
- Satuan: 9 + 9 = 18 (tulis 8, sisakan 1 untuk ditambahkan pada puluhan)
- Puluhan: 2 + 1 + 1 (sisa) = 4
- Ratusan: 4 + 0 = 4
Jadi, hasil penjumlahan 429 + 19 = 448.
Soal c: 821 + 98 = ……
Untuk soal ini, kita akan menggunakan cara yang sama yaitu penjumlahan per digit.
- Satuan: 1 + 8 = 9
- Puluhan: 2 + 9 = 11 (tulis 1, sisakan 1 untuk ditambahkan pada ratusan)
- Ratusan: 8 + 0 + 1 (sisa) = 9
Hasil penjumlahan 821 + 98 = 919.
Soal d: 700 + 139 = ……
Pada soal ini, kita juga dapat menggunakan cara penjumlahan biasa.
- Satuan: 0 + 9 = 9
- Puluhan: 0 + 3 = 3
- Ratusan: 7 + 1 = 8
Maka, hasil penjumlahan 700 + 139 = 839.
Soal e: 621 + 37 + 128 = …….
Untuk soal yang melibatkan lebih dari dua angka, kita dapat menjumlahkan secara bertahap.
- Pertama, 621 + 37 = 658
- Kemudian, 658 + 128 = 786
Jadi, hasil penjumlahan 621 + 37 + 128 = 786.
4. Tarik Garis dengan Jawaban yang Sesuai

a. 629 + 123 = 752
b. 377 + 330 + 29 = 736
c. 423 + 390 = 813
d. 39 + 821 = 860
e. 690 + 56 + 218 = 964
5. Soal Cerita dan Penyelesaiannya
a. Seorang petani kelapa sawit mempunyai beberapa kebun. Kebun A menghasilkan 328 buah, kebun B menghasilkan 579 buah. Berapakah jumlah kelapa sawit yang dihasilkan dari kebun A dan kebun B?
b. Pak Rahmad memiliki 117 ikan lele, Pak Sudi memiliki 105 ikan lele dan Pak Jaya memiliki 242 ikan lele. Semua ikan lele dipanen dari kolam dan kemudian akan dijual ke pasar. Berapa keseluruhan ikan lele yang akan dijual ke pasar?
c. SD Pelangi mengirimkan 121 siswa mengikuti lomba matematika, 29 siswa mengikuti lomba bahasa inggris dan 98 siswa mengikuti lomba sains. Berapa keseluruhan siswa SD Pelangi yang mengikuti lomba?
d. Helen mempunyai 111 stiker gambar kartun, 77 stiker gambar bunga dan 89 stiker boneka. Berapa jumlah stiker Helen seluruhnya?
Pembahasan
a. Kebun A dan B
Kebun A = 328 buah
sedangkan Kebun B = 579 buah
Jumlah = 328 + 579 = 907 buah
b. Ikan Lele
Rahmad = 117 ikan
Pak Sudi = 105 ikan
Pak Jaya = 242 ikan
Jumlah = 117 + 105 + 242 = 464 ikan
c. Siswa SD Pelangi
Matematika = 121 siswa
Lomba Bahasa Inggris = 29 siswa
Lomba Sains = 98 siswa
Jumlah = 121 + 29 + 98 = 248 siswa
d. Stiker Helen
Stiker kartun = 111
untuk Stiker bunga = 77
sedangkan Stiker boneka = 89
Jumlah = 111 + 77 + 89 = 277 stiker
Kesimpulan
Demikian pembahasan lengkap soal halaman 32-34 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Dengan memahami cara menyusun penjumlahan panjang, pendek, serta menyelesaikan soal cerita, kalian bisa mengerjakan latihan ini dengan mudah. Jangan lupa untuk selalu berlatih agar semakin mahir dalam berhitung!
Baca juga
Jawaban halaman 10-12 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka
Jawaban Halaman 43 Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka
Butuh Guru
Jika memerlukan guru pendamping untuk mengajarkan materi tersebut bisa hubungi di sini