Jawaban Halaman 234 Buku Matematika Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka

Pada halaman 234 Buku Matematika Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka, siswa akan mempelajari materi mengenai pengolahan data. Materi ini penting untuk membantu siswa memahami bagaimana cara mengumpulkan, menyusun, dan menginterpretasi data. Dalam kehidupan sehari-hari, pengolahan data berguna untuk mengambil keputusan berdasarkan informasi yang ada. Pada artikel ini, kami akan memberikan jawaban dari soal-soal yang ada di halaman 234, serta penjelasan mengenai pengolahan data yang dijelaskan dalam buku tersebut.

Jawaban halaman

Pembahasan Soal

Berikut adalah jawaban dan penjelasan untuk setiap pernyataan yang terdapat pada halaman 234.

NomorPernyataanBenar/SalahPenjelasan
1Aku dapat membuat bentuk segitiga menggunakan ruas garis sepanjang 5 cm, 7 cm, dan 1 cm.SalahDalam segitiga, jumlah dua sisi harus lebih besar dari sisi ketiga. Di sini, 5 + 1 < 7, sehingga tidak dapat membentuk segitiga.
2Semua sudut pada segitiga siku-siku adalah sudut siku-siku.SalahSegitiga siku-siku hanya memiliki satu sudut siku-siku (90°), sedangkan dua sudut lainnya adalah sudut lancip.
3Besar tiga sudut dalam segitiga jika dijumlahkan akan menghasilkan 180°.BenarIni adalah sifat dasar segitiga, bahwa jumlah sudut dalam segitiga selalu 180°.
4Segitiga sama sisi juga dapat digolongkan sebagai segitiga sama kaki.BenarSegitiga sama sisi memiliki tiga sisi yang sama panjang, sehingga otomatis memenuhi definisi segitiga sama kaki.
5Jajar genjang merupakan trapesium sama kaki.SalahJajar genjang memiliki dua pasang sisi sejajar yang panjangnya tidak selalu sama, sehingga tidak tergolong trapesium sama kaki.
6Persegi panjang adalah jajar genjang yang salah satu sudutnya siku-siku.BenarPersegi panjang memenuhi sifat jajar genjang dan memiliki keempat sudut yang siku-siku.
7Belah ketupat dapat digolongkan sebagai jajar genjang dan juga layang-layang.BenarBelah ketupat memiliki sifat jajar genjang (sisi sejajar) dan layang-layang (diagonal tegak lurus).
8Persegi tidak dapat disebut persegi panjang.SalahPersegi dapat disebut persegi panjang karena memiliki semua sifat persegi panjang (sisi berhadapan sejajar dan sudut siku-siku).
9Persegi bukan belah ketupat.SalahPersegi juga termasuk belah ketupat karena memiliki keempat sisi yang sama panjang.
10Salah satu diagonal pada layang-layang merupakan sumbu simetri.BenarSalah satu diagonal layang-layang membagi bangun menjadi dua bagian yang simetris.

Baca Juga

Guru Pendamping

Jika masih belum memahami konsep materi di atas ayah bunda bisa kami bantu dengan guru pendamping yang berpengalaman hubungi kami di sini

Kesimpulan Mengenai Perbandingan Bangun Datar

Dengan memahami ciri-ciri bangun datar, siswa dapat dengan mudah membandingkan dan membedakan berbagai jenis bangun datar berdasarkan jumlah sisi, panjang sisi, keberadaan sudut siku-siku, dan sifat-sifat lainnya. Mempelajari materi ini juga sangat bermanfaat dalam menyelesaikan soal-soal geometri yang lebih kompleks di tingkat yang lebih tinggi.

Kesimpulan Materi Data

Mengolah data adalah keterampilan penting yang perlu dikuasai oleh siswa kelas 5 SD. Dengan menyusun data dalam tabel, menggambarkannya dalam diagram, dan menganalisisnya, siswa dapat memperoleh informasi yang berguna dan dapat diinterpretasikan dengan lebih mudah. Pengolahan data juga memberikan dasar untuk mempelajari konsep statistik lebih lanjut.


Tag: #MatematikaKelas5 #KurikulumMerdeka #BangunDatar #CiriCiriBangunDatar #Persegi #PersegiPanjang #Segitiga #Lingkaran #Trapesium #Geometri #PembelajaranSD #SDKurikulumMerdeka #BukuMatematika #LatihanMatematika #PendidikanAnak #BelajarMatematika