Pada halaman 234 Buku Matematika Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka, siswa akan mempelajari materi mengenai pengolahan data. Materi ini penting untuk membantu siswa memahami bagaimana cara mengumpulkan, menyusun, dan menginterpretasi data. Dalam kehidupan sehari-hari, pengolahan data berguna untuk mengambil keputusan berdasarkan informasi yang ada. Pada artikel ini, kami akan memberikan jawaban dari soal-soal yang ada di halaman 234, serta penjelasan mengenai pengolahan data yang dijelaskan dalam buku tersebut.

Pembahasan Soal
Berikut adalah jawaban dan penjelasan untuk setiap pernyataan yang terdapat pada halaman 234.
Nomor | Pernyataan | Benar/Salah | Penjelasan |
---|---|---|---|
1 | Aku dapat membuat bentuk segitiga menggunakan ruas garis sepanjang 5 cm, 7 cm, dan 1 cm. | Salah | Dalam segitiga, jumlah dua sisi harus lebih besar dari sisi ketiga. Di sini, 5 + 1 < 7, sehingga tidak dapat membentuk segitiga. |
2 | Semua sudut pada segitiga siku-siku adalah sudut siku-siku. | Salah | Segitiga siku-siku hanya memiliki satu sudut siku-siku (90°), sedangkan dua sudut lainnya adalah sudut lancip. |
3 | Besar tiga sudut dalam segitiga jika dijumlahkan akan menghasilkan 180°. | Benar | Ini adalah sifat dasar segitiga, bahwa jumlah sudut dalam segitiga selalu 180°. |
4 | Segitiga sama sisi juga dapat digolongkan sebagai segitiga sama kaki. | Benar | Segitiga sama sisi memiliki tiga sisi yang sama panjang, sehingga otomatis memenuhi definisi segitiga sama kaki. |
5 | Jajar genjang merupakan trapesium sama kaki. | Salah | Jajar genjang memiliki dua pasang sisi sejajar yang panjangnya tidak selalu sama, sehingga tidak tergolong trapesium sama kaki. |
6 | Persegi panjang adalah jajar genjang yang salah satu sudutnya siku-siku. | Benar | Persegi panjang memenuhi sifat jajar genjang dan memiliki keempat sudut yang siku-siku. |
7 | Belah ketupat dapat digolongkan sebagai jajar genjang dan juga layang-layang. | Benar | Belah ketupat memiliki sifat jajar genjang (sisi sejajar) dan layang-layang (diagonal tegak lurus). |
8 | Persegi tidak dapat disebut persegi panjang. | Salah | Persegi dapat disebut persegi panjang karena memiliki semua sifat persegi panjang (sisi berhadapan sejajar dan sudut siku-siku). |
9 | Persegi bukan belah ketupat. | Salah | Persegi juga termasuk belah ketupat karena memiliki keempat sisi yang sama panjang. |
10 | Salah satu diagonal pada layang-layang merupakan sumbu simetri. | Benar | Salah satu diagonal layang-layang membagi bangun menjadi dua bagian yang simetris. |
Baca Juga
- Jawaban Halaman 8-9 Buku Matematika Kelas 5 Kurikulum Merdeka Ayo Berlatih
- Jawaban Halaman 14-15 Buku Matematika Kelas 5 Kurikulum Merdeka Ayo Berlatih
- Jawaban Halaman 19- 20 Buku Matematika Kelas 5 Kurikulum Merdeka Ayo Berlatih
- Jawaban Halaman 24-25 Buku Matematika Kelas 5 Kurikulum Merdeka Ayo Berlatih
Guru Pendamping
Jika masih belum memahami konsep materi di atas ayah bunda bisa kami bantu dengan guru pendamping yang berpengalaman hubungi kami di sini
Kesimpulan Mengenai Perbandingan Bangun Datar
Dengan memahami ciri-ciri bangun datar, siswa dapat dengan mudah membandingkan dan membedakan berbagai jenis bangun datar berdasarkan jumlah sisi, panjang sisi, keberadaan sudut siku-siku, dan sifat-sifat lainnya. Mempelajari materi ini juga sangat bermanfaat dalam menyelesaikan soal-soal geometri yang lebih kompleks di tingkat yang lebih tinggi.
Kesimpulan Materi Data
Mengolah data adalah keterampilan penting yang perlu dikuasai oleh siswa kelas 5 SD. Dengan menyusun data dalam tabel, menggambarkannya dalam diagram, dan menganalisisnya, siswa dapat memperoleh informasi yang berguna dan dapat diinterpretasikan dengan lebih mudah. Pengolahan data juga memberikan dasar untuk mempelajari konsep statistik lebih lanjut.
Tag: #MatematikaKelas5 #KurikulumMerdeka #BangunDatar #CiriCiriBangunDatar #Persegi #PersegiPanjang #Segitiga #Lingkaran #Trapesium #Geometri #PembelajaranSD #SDKurikulumMerdeka #BukuMatematika #LatihanMatematika #PendidikanAnak #BelajarMatematika