Jawaban Halaman 42 Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka Kompetensi: Menyelesaikan Soal Pecahan dan Perbandingan Jarak, Pesanan, dan Konsumsi

Pada artikel ini, kita akan membahas dan menyelesaikan soal-soal yang terdapat dalam buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka, halaman 42. Soal-soal ini melibatkan penerapan konsep pecahan dalam situasi kehidupan sehari-hari, seperti perjalanan, pesanan makanan, konsumsi beras, pembagian kue, dan pekerjaan mengecat. Mari kita selesaikan soal-soal ini dengan penjelasan yang jelas dan mudah dipahami.


Soal 1: Perjalanan Pak Arman dan Keluarga

Soal:
Pak Arman dan keluarganya berangkat dari Jakarta menuju Surabaya dan menempuh jarak 630 km. Setelah menempuh 2/5 perjalanan, mereka beristirahat.
Pertanyaan:
Berapa km perjalanan yang sudah ditempuh oleh Pak Arman sekeluarga?

Jawaban 1:

Untuk menghitung jarak yang sudah ditempuh Pak Arman dan keluarganya, kita dapat mengalikan total jarak perjalanan (630 km) dengan pecahan perjalanan yang sudah dilalui (2/5). Berikut langkah-langkah perhitungannya: 2/5×630=2×630/5=1260/5 252

Jadi, Pak Arman dan keluarganya sudah menempuh jarak 252 km sebelum mereka beristirahat.


Soal 2: Pesanan Nasi Kotak Dini

Soal:
Dini mendapat pesanan 100 porsi nasi kotak. Dini sudah menyelesaikan 3/4 bagian pesanan tersebut.
Pertanyaan:
Berapa porsi nasi kotak yang sudah diselesaikan Dini?

Jawaban 2:

Untuk mengetahui berapa porsi nasi kotak yang sudah diselesaikan, kita tinggal mengalikan jumlah pesanan (100 porsi) dengan pecahan yang sudah diselesaikan (3/4). Berikut langkah-langkah perhitungannya: 34×100=3×100/4=300/4 = 75

Jadi, Dini sudah menyelesaikan 75 porsi nasi kotak dari total pesanan 100 porsi.


Soal 3: Konsumsi Beras Keluarga Dias

Soal:
Dalam sehari keluarga Dias mengonsumsi 2/3 kg beras. Dias baru saja membeli 50 kg beras.
Pertanyaan:
Dalam berapa hari Dias dan keluarganya mengonsumsi beras tersebut?

Jawaban 3:

Untuk mengetahui berapa hari Dias dan keluarganya akan menghabiskan 50 kg beras, kita perlu membagi jumlah total beras (50 kg) dengan jumlah beras yang dikonsumsi setiap hari (2/3 kg). Berikut langkah-langkah perhitungannya: 50÷2/3=50×3/2=50×3/2=150/2= 75

Jadi, Dias dan keluarganya akan mengonsumsi beras tersebut dalam waktu 75 hari.


Soal 4: Pembagian Potongan Kue Rania

Soal:
Rania memiliki 5/8 potong kue. Kue tersebut kemudian diletakkannya di dalam sebuah kotak dan memenuhi 4 kotak kue.
Pertanyaan:
Berapa bagian potongan kue yang berada di setiap kotak?

Jawaban 4:

Untuk menghitung berapa bagian potongan kue yang ada di setiap kotak, kita perlu membagi jumlah total potongan kue (5/8) dengan jumlah kotak (4). Berikut langkah-langkah perhitungannya: 5/8÷4=5/8×1/4=5/8×4=5/32

Jadi, setiap kotak berisi 5/32 potongan kue.


Soal 5: Luas Dinding yang Dicat Pak Made

Soal:
Pak Made mengecat dinding kelasnya untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada hari ini Pak Made sudah berhasil mengecat dinding seluas 5 4/5 m². Jika dinyatakan dalam bentuk desimal, berapa luas dinding yang telah dicat oleh Pak Made?

Jawaban 5:

Untuk mengubah pecahan campuran 5 4/5 ke dalam bentuk desimal, kita pertama-tama mengubah pecahan tersebut menjadi pecahan biasa, kemudian mengubahnya ke desimal. Berikut langkah-langkah perhitungannya:

  1. Ubah pecahan campuran 5 4/5 menjadi pecahan biasa:

5 4/5=5×5+4/5=25+4/5=29/5

  1. Ubah pecahan 29/5 ke bentuk desimal dengan membaginya:

29/5= 5,8

Jadi, luas dinding yang telah dicat oleh Pak Made adalah 5,8 m².


Kesimpulan:

Dalam artikel ini, kita telah menyelesaikan berbagai soal matematika yang berkaitan dengan pecahan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Soal-soal ini tidak hanya membantu siswa memahami cara mengalikan, membagi, dan mengubah pecahan, tetapi juga bagaimana pecahan digunakan dalam situasi nyata, seperti perjalanan, pesanan makanan, konsumsi bahan, pembagian potongan kue, dan pekerjaan mengecat.

Dengan pemahaman yang baik tentang pecahan, siswa dapat dengan mudah menyelesaikan berbagai masalah matematika. Semoga artikel ini membantu dalam memahami cara mengerjakan soal-soal matematika di buku Kelas 6 Kurikulum Merdeka dengan langkah-langkah yang jelas dan mudah diterapkan!

Baca Juga

Guru Pendamping

Jika Ibu baka membutuhkan guru Privat bisa hubungi kami Hubungi Kami