Halaman 123-124 dari buku Matematika kelas 6 SD Kurikulum Merdeka membahas tentang peluang dalam pengambilan barang secara acak dari kotak yang berisi berbagai macam barang. Artikel ini menjelaskan jawaban setiap soal dengan mudah dipahami.

1. Warna dengan Peluang Paling Besar Saat Barang Diambil Secara Acak

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu mengetahui komposisi warna barang dalam kotak.
- Warna dengan jumlah terbanyak memiliki peluang terbesar untuk diambil secara acak.
Contoh: Jika kotak memiliki 5 barang merah, 3 barang biru, dan 2 barang hijau, maka peluang terbesar adalah warna merah, karena jumlahnya paling banyak.
Jawaban:
Warna dengan peluang paling besar adalah warna yang memiliki jumlah barang terbanyak dalam kotak tersebut.
2. Pemilihan Barang dari Kotak 1 dan Kotak 2

Komposisi Barang di Kotak 1 dan Kotak 2
- Kotak 1:
- 4 cokelat mini.
- 4 set kotak pensil.
- 4 buku bacaan.
- Kotak 2:
- 6 cokelat mini.
- 2 set kotak pensil.
- 6 buku bacaan.
Pertanyaan dan Jawaban
a. Kotak mana yang harus dipilih oleh anak yang menginginkan kotak pensil?
- Kotak 1: Peluang mendapatkan kotak pensil =
- Kotak 2: Peluang mendapatkan kotak pensil =
- Jawaban: Pilih Kotak 1 karena peluangnya lebih besar.
b. Kotak mana yang harus dipilih oleh anak yang menginginkan buku bacaan?
- Kotak 1: Peluang mendapatkan buku bacaan =
- Kotak 2: Peluang mendapatkan buku bacaan =
- Jawaban: Pilih Kotak 2 karena peluangnya lebih besar.
c. Kotak mana yang harus dipilih oleh anak yang menginginkan pensil dan penghapus?
Karena tidak ada data tentang jumlah penghapus, jawaban tergantung pada apakah kedua kotak memiliki barang tersebut. Jika hanya satu kotak yang menyediakan barang, pilih kotak tersebut.
3. Soal Tantangan: Pemilihan Barang dari Kotak yang Berbeda
Dalam soal tantangan, prinsip yang sama diterapkan, yaitu memilih kotak berdasarkan peluang terbesar untuk barang yang diinginkan.

Pertanyaan dan Jawaban
a. Kotak mana yang harus dipilih oleh anak yang menginginkan kotak pensil?
Hitung peluang masing-masing kotak, lalu pilih kotak dengan peluang terbesar (seperti langkah di atas).
b. Kotak mana yang harus dipilih oleh anak yang menginginkan buku bacaan?
Lakukan perhitungan peluang seperti di atas untuk menentukan kotak terbaik.
c. Kotak mana yang harus dipilih oleh anak yang menginginkan pensil dan penghapus?
Pastikan untuk memeriksa komposisi barang di masing-masing kotak. Pilih kotak yang memiliki peluang terbesar untuk kombinasi barang tersebut.
Kesimpulan
Konsep peluang membantu kita membuat keputusan terbaik saat memilih barang secara acak dari kotak. Barang dengan jumlah terbanyak memiliki peluang lebih besar untuk diambil. Dengan memahami perhitungan peluang, siswa dapat menganalisis dan memilih opsi terbaik dalam berbagai situasi.
Tags: Peluang Matematika, Kelas 6 SD, Kurikulum Merdeka, Perhitungan Peluang, Soal Matematika SD, Pemilihan Barang Acak, Peluang Barang.
Baca Juga :
- Jawaban Halaman 54-55 Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka Latihan 2.1
- Jawaban Halaman 64-65 Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka Latihan 2.2
- Jawaban Halaman 71 Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka Latihan 2.3
- Jawaban Halaman 84-85 Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka Latihan 3.1
- Jawaban Halaman 88-90 Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka Latihan 3.2
Guru Pendamping
Jika masih belum memahami konsep materi di atas ayah bunda bisa kami bantu dengan guru pendamping yang berpengalaman hubungi kami di sini