Pada halaman 88-90 buku Matematika Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka, terdapat beberapa soal yang berkaitan dengan penggambaran kubus dan balok dari tiga arah yang berbeda. Artikel ini akan memberikan penjelasan dan jawaban untuk soal-soal tersebut dengan cara yang mudah dipahami.

1. Gambarkan Kubus dari Tiga Arah yang Berbeda
Soal pertama meminta untuk menggambar kubus dari tiga arah yang berbeda, yaitu: depan, kanan, dan atas. Berikut adalah cara menggambarnya:
- Tampilan Depan: Anda akan melihat kubus sebagai bentuk persegi dengan sisi depan yang terlihat jelas. Biasanya, sisi depan ini terlihat sebagai kotak besar.
- Tampilan Kanan: Dari arah kanan, kubus akan terlihat lebih seperti persegi panjang, dengan dua sisi terlihat (kanan dan atas).
- Tampilan Atas: Dari arah atas, kubus akan terlihat seperti sebuah persegi dengan tiga sisi yang tumpang tindih, tergantung pada posisi kubus.
Dengan menggambar dari tiga arah ini, kita dapat memvisualisasikan objek tiga dimensi (kubus) dalam bentuk dua dimensi yang lebih mudah dipahami.
2. Sebuah Kubus dengan Sisi Berwarna-Warni Dilihat dari Tiga Arah Berbeda
Soal kedua adalah mengenai penggambaran kubus dengan sisi berwarna-warni dilihat dari tiga arah yang berbeda. Untuk menggambarnya:
- Tampilan Depan: Gambarkan sisi depan kubus dengan warna yang jelas (misalnya merah) dan dua sisi lainnya dengan warna yang berbeda (misalnya biru dan hijau).
- Tampilan Kanan: Dari kanan, Anda akan melihat dua sisi (misalnya biru dan hijau) yang berdekatan, sementara sisi lainnya (merah) terlihat sebagian kecil.
- Tampilan Atas: Dari atas, gambarkan kubus dengan warna sisi yang terlihat dari atas, yaitu kombinasi warna yang mencakup semua sisi (merah, biru, dan hijau).
3. Gambarkan Tampilan Susunan Kubus dari Tiga Arah yang Berbeda
Soal ketiga meminta untuk menggambarkan tampilan susunan kubus dari tiga arah yang berbeda. Misalnya, jika ada beberapa kubus yang disusun dalam bentuk piramida atau susunan lainnya, Anda harus menggambar tampilan tersebut dari depan, kanan, dan atas.
- Tampilan Depan: Dari arah depan, Anda akan melihat kubus yang tersusun rapi dengan beberapa kubus tumpang tindih di depan dan belakang.
- Tampilan Kanan: Dari arah kanan, susunan kubus akan terlihat dari sisi kanan, yang memberikan gambaran seberapa banyak kubus yang menonjol.
- Tampilan Atas: Dari atas, susunan kubus akan terlihat dari atas, di mana kita bisa melihat barisan atau kelompok kubus yang tersusun.
4. Gambarkan Tampilan Susunan Kubus Berikut dari Tiga Arah yang Berbeda
Pada soal ini, Anda akan diberikan susunan kubus dan diminta untuk menggambarkannya dari tiga arah yang berbeda, mirip dengan soal sebelumnya. Gunakan pendekatan yang sama seperti sebelumnya dengan menggambar tampilan dari depan, kanan, dan atas.
- Tampilan Depan: Gambarkan susunan kubus dengan memperhatikan posisi vertikal dan horizontal dari kubus yang ada.
- Tampilan Kanan: Dari kanan, gambarkan susunan kubus berdasarkan kedalaman atau posisi tumpukan kubus.
- Tampilan Atas: Dari atas, perhatikan bagaimana kubus tersusun dan gambarkan sesuai dengan susunan yang ada.
5. Tentukan Susunan Kubus dari Berbagai Arah
Pada soal kelima, Anda diminta untuk menentukan susunan kubus yang dimaksud berdasarkan tampilan dari berbagai arah. Dalam hal ini, Anda perlu melihat dengan teliti bagaimana kubus-kubus tersebut disusun dan memvisualisasikannya dalam tiga tampilan: depan, kanan, dan atas.
- Tampilan Depan: Dari depan, perhatikan berapa banyak kubus yang terlihat dan susunannya.
- Tampilan Kanan: Dari sisi kanan, susunan kubus akan terlihat dalam pola tertentu. Ini bisa berupa tumpukan atau formasi lainnya.
- Tampilan Atas: Dari atas, susunan kubus akan terlihat lebih jelas dengan mengidentifikasi bagaimana kubus disusun dalam barisan atau kelompok.
6. Gambarkan Tampilannya dari Tiga Arah yang Berbeda (Dadu)
Soal terakhir meminta untuk menggambarkan dadu dari tiga arah yang berbeda. Dadu adalah kubus dengan enam sisi yang memiliki pola titik-titik (biasanya 1-6). Berikut adalah langkah-langkahnya:
- Tampilan Depan: Gambarkan sisi depan dadu dengan titik-titik yang ada di sisi tersebut (misalnya, 4 titik di sisi depan).
- Tampilan Kanan: Dari sisi kanan, gambarkan titik-titik yang terlihat di sisi dadu tersebut, biasanya satu atau dua sisi yang terlihat jelas.
- Tampilan Atas: Dari atas, Anda akan melihat dadu dengan sisi yang memiliki titik-titik terbuka, misalnya sisi dengan 6 titik atau lebih.
Kesimpulan
Menggambar kubus dan balok dari tiga arah yang berbeda adalah keterampilan penting dalam memahami geometri tiga dimensi. Dengan menggambar objek-objek ini dari berbagai sudut, kita dapat lebih memahami bentuk dan struktur objek tersebut dalam ruang. Artikel ini memberikan penjelasan yang mudah untuk mengikuti setiap langkah dalam menjawab soal-soal di halaman 88-90 buku Matematika Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka. Dengan latihan yang cukup, kalian akan semakin mahir dalam menggambar objek geometri dan memahami konsep-konsep dasar dalam Matematika.
Baca juga :
- Jawaban Halaman 15-16 Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka Latihan 1.1
- Jawaban Halaman 28 Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka Latihan 1.2
- Jawaban Halaman 40-41 Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka Latihan 1.3
- Jawaban Halaman 54-55 Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka Latihan 2.1
- Jawaban Halaman 64-65 Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka Latihan 2.2
- Jawaban Halaman 71 Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka Latihan 2.3
- Jawaban Halaman 84-85 Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka Latihan 3.1
Cari Guru Privat
Jika ayah bunda memerlukan guru pendamping untuk mendampingi anak-anaknya bisa hubungi di sini