Jawaban Halaman 126-128 Buku Matematika Kelas 6 SD Uji Kompetensi Kurikulum Merdeka

Halaman 126-128 buku Matematika kelas 6 SD Kurikulum Merdeka membahas konsep peluang dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari serta permainan dadu. Artikel ini memberikan penjelasan lengkap dan relevan untuk menjawab setiap soal, dirancang SEO-friendly untuk membantu pembaca memahami materi.

Jawaban halaman 126-128

1. Manfaat Peluang dalam Kehidupan Sehari-Hari

Penjelasan

Peluang membantu kita membuat keputusan berdasarkan kemungkinan yang paling mungkin terjadi. Hal ini bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupan, seperti:

  1. Perencanaan Keuangan: Memperkirakan risiko investasi untuk mendapatkan keuntungan maksimal.
  2. Kesehatan: Memahami peluang risiko penyakit berdasarkan faktor gaya hidup, sehingga kita dapat mencegahnya.

Contoh

  1. Menentukan cuaca: Jika ramalan menunjukkan peluang hujan 70%, kita bisa mempersiapkan payung.
  2. Bermain undian: Mengetahui peluang menang membantu kita memutuskan apakah akan berpartisipasi atau tidak.

2. Permainan Dadu dengan 3 Pemain

Kondisi Permainan

  • Pemain 1 menang jika mendapatkan angka 1 atau 2.
  • Pemain 2 menang jika mendapatkan angka 3 atau 4.
  • Pemain 3 menang jika mendapatkan angka 5 atau 6.

Pertanyaan dan Jawaban

a. Pemain mana yang memiliki peluang paling besar untuk menang?
Setiap pemain memiliki peluang yang sama besar, yaitu:

Karena setiap pemain memiliki dua angka kemenangan.

b. Apakah permainan ini termasuk adil?
Permainan ini adil karena setiap pemain memiliki peluang yang sama besar untuk menang 1/3.


3. Pewarnaan Roda Putar

Pertanyaan

  • Peluang terbesar adalah warna merah.
  • Peluang terkecil adalah warna hijau.

Jawaban

Roda putar dapat dibuat dengan membagi lingkaran menjadi beberapa bagian dengan ukuran berbeda. Misalnya:

  • Merah: 50%
  • Kuning: 30%
  • Hijau: 20%

Pertanyaan Tambahan

Pepita berkata bahwa ia bisa membuat roda putar berbeda tetapi tetap memenuhi kedua pernyataan di atas.

Jawaban:
Setuju. Selama peluang merah tetap lebih besar daripada warna lain, dan hijau menjadi peluang terkecil, roda putar dapat didesain dengan berbagai cara.


4. Memilih Dadu untuk Peluang Terbesar Mendapatkan Angka 3

Pilihan dan Perhitungan

a. Pilihan Dadu

  • Dadu 1: {1,2,3,4,5,6}: Peluang angka 3 = 1/6.
  • Dadu 2: {1,1,3,3,6,6}: Peluang angka 3 = 26= 2/6 = 1/3.

Jawaban: Pilih Dadu 2 karena peluang mendapatkan angka 3 lebih besar.

b. Pilihan Dadu

  • Dadu 1: {1,2,3,4,5,6}: Peluang angka 3 = 1/6.
  • Dadu 2: {3,3,3,4,5,6}: Peluang angka 3 = 36= 3/6 = 1/2.
  • Dadu 3: {3,5,3,5,3,5}: Peluang angka 3 = 36= 3/6 = 1/2.

Jawaban: Pilih Dadu 2 atau Dadu 3 karena peluang mendapatkan angka 3 sama besar, yaitu 1/2.

c. Pilihan Dadu (Soal Tantangan)

  • Dadu 1 (Kubus): {1,2,3,4,5,6}: Peluang angka 3 = 1/6.
  • Dadu 2 (Piramida): {1,2,3,4}: Peluang angka 3 = 1/4.

Jawaban: Pilih Dadu Piramida jika ingin meningkatkan peluang dibandingkan dadu kubus biasa, tetapi peluang angka 3 tetap lebih kecil daripada dadu khusus seperti di pilihan sebelumnya.


Kesimpulan

Peluang adalah konsep yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari dan permainan. Dengan memahami cara menghitung peluang, kita dapat membuat keputusan lebih bijak, baik dalam perencanaan aktivitas sehari-hari maupun permainan.


Tags: Matematika Kelas 6, Peluang, Permainan Dadu, Konsep Adil, Kurikulum Merdeka, Pelajaran SD

Baca Juga

Guru Pendamping

Bapak ibu yang membutuhkan guru privat bisa hubungi via whatsaap atau klik di sini