Jawaban Halaman 291-292 Buku Matematika Kelas 5 Kurikulum Merdeka Uji Kompetensi

Pada buku Matematika Kelas 5 Kurikulum Merdeka, pada halaman 291, terdapat latihan soal uji kompetensi yang menguji pemahaman tentang penulisan dan pembacaan bilangan. Berikut adalah jawaban dari soal-soal yang ada pada halaman tersebut.

1. Nyatakan Bilangan Berikut dalam Bentuk Angka

a. Lima ratus lima puluh ribu tiga ratus tiga
Jawaban: 550.303
Penjelasan:

  • Lima ratus lima puluh ribu = 550.000
  • Tiga ratus = 300
  • Tiga = 3
    Sehingga bilangan tersebut adalah 550.303.

b. Sembilan ratus ribu tiga puluh tiga ribu empat ratus tiga
Jawaban: 933.403
Penjelasan:

  • Sembilan ratus ribu = 900.000
  • Tiga puluh tiga ribu = 33.000
  • Empat ratus = 400
  • Tiga = 3
    Sehingga bilangan tersebut adalah 933.403.

2. Bacalah Bilangan Berikut

a. Jumlah penduduk Kabupaten Sumba Barat tahun 2021 sebanyak 149.641 jiwa
Jawaban: Seratus empat puluh sembilan ribu enam ratus empat puluh satu
Penjelasan:
Bilangan 149.641 dibaca sebagai seratus empat puluh sembilan ribu enam ratus empat puluh satu.

b. Ibu membeli rak mainan seharga Rp345.675,00
Jawaban: Tiga ratus empat puluh lima ribu enam ratus tujuh puluh lima rupiah
Penjelasan:
Bilangan 345.675 dibaca sebagai tiga ratus empat puluh lima ribu enam ratus tujuh puluh lima.

3. Tuliskan Bilangan Berikut dalam Bentuk Angka, Kemudian Bacalah

a. Bilangan yang merupakan jumlah dari 3 ratus ribuan, 2 puluh ribuan, 7 ribuan, dan 1 ratusan
Jawaban: 327.100
Penjelasan:

  • Tiga ratus ribuan = 300.000
  • Dua puluh ribuan = 20.000
  • Tujuh ribuan = 7.000
  • Satu ratusan = 100
    Sehingga bilangan tersebut adalah 327.100 dan dibaca sebagai tiga ratus dua puluh tujuh ribu seratus.

b. Bilangan yang merupakan jumlah dari 5 ratus ribuan, 5 ribuan, 4 ratusan, dan 1 satuan
Jawaban: 505.401
Penjelasan:

  • Lima ratus ribuan = 500.000
  • Lima ribuan = 5.000
  • Empat ratusan = 400
  • Satu satuan = 1
    Sehingga bilangan tersebut adalah 505.401 dan dibaca sebagai lima ratus lima ribu empat ratus satu.

c. Bilangan yang merupakan jumlah dari 8 ratus ribuan, 5 puluh ribuan, 7 ribuan, 2 ratusan, 5 puluhan, dan 9 satuan
Jawaban: 857.259
Penjelasan:

  • Delapan ratus ribuan = 800.000
  • Lima puluh ribuan = 50.000
  • Tujuh ribuan = 7.000
  • Dua ratusan = 200
  • Lima puluhan = 50
  • Sembilan satuan = 9
    Sehingga bilangan tersebut adalah 857.259 dan dibaca sebagai delapan ratus lima puluh tujuh ribu dua ratus lima puluh sembilan.

4. Pilihlah pernyataan berikut yang benar dan salah sesuai dengan isi teks di atas dengan memberi tanda centang (√):

No.PernyataanBenarSalah
aDua ratus tujuh puluh lima ribu lebih banyak daripada dua ratus lima puluh enam ribu.
bUrutan bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar adalah 676.785, 786.897, 789.876, 789.867.
cSembilan ratus ribu dua puluh lima lebih kecil daripada Sembilan ratus ribu lima puluh dua.
dBilangan 678.987 mempunyai komposisi enam ratus ribuan, tujuh puluh ribuan, delapan ribuan, delapan ratusan, delapan puluhan, dan tujuh satuan.
eJika kita mempunyai 2 ratus ribuan, 3 ribuan, 3 puluhan, dan 5 satuan, maka kita mempunyai komposisi 203.305.

Pembahasan Jawaban:

  1. Pernyataan a:
    “Dua ratus tujuh puluh lima ribu lebih banyak daripada dua ratus lima puluh enam ribu.”
    Jawaban: Benar (√)
    Pembahasan: 275.000 lebih besar dari 256.000, sehingga pernyataan ini benar.
  2. Pernyataan b:
    “Urutan bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar adalah 676.785, 786.897, 789.876, 789.867.”
    Jawaban: Salah (×)
    Pembahasan: Urutan bilangan yang benar adalah 676.785, 786.897, 789.867, dan 789.876. Pada urutan ini, 789.867 lebih kecil daripada 789.876, sehingga urutan tersebut tidak benar.
  3. Pernyataan c:
    “Sembilan ratus ribu dua puluh lima lebih kecil daripada sembilan ratus ribu lima puluh dua.”
    Jawaban: Benar (√)
    Pembahasan: 900.025 memang lebih kecil daripada 900.052, jadi pernyataan ini benar.
  4. Pernyataan d:
    “Bilangan 678.987 mempunyai komposisi enam ratus ribuan, tujuh puluh ribuan, delapan ribuan, delapan ratusan, delapan puluhan, dan tujuh satuan.”
    Jawaban: Benar (√)
    Pembahasan: Komposisi dari 678.987 adalah:
    • 6 ratus ribu
    • 7 puluh ribu
    • 8 ribuan
    • 9 ratusan
    • 8 puluhan
    • 7 satuan
      Sehingga, pernyataan ini benar.
  5. Pernyataan e:
    “Jika kita mempunyai 2 ratus ribuan, 3 ribuan, 3 puluhan, dan 5 satuan, maka kita mempunyai komposisi 203.305.”
    Jawaban: Benar (√)
    Pembahasan: Bilangan yang terdiri dari 2 ratus ribuan, 3 ribuan, 3 puluhan, dan 5 satuan adalah 203.305, sesuai dengan komposisi yang disebutkan.

5.

Gambar ini adalah soal yang meminta untuk mencocokkan Bagian A dengan Bagian B berdasarkan perhitungan. Berikut adalah penjelasan jawaban masing-masing:

  1. Soal: Ibu akan membeli seragam sekolah seharga Rp450.000,00. Ternyata Ibu hanya mempunyai uang 4 lembar seratus ribuan, 4 lembar sepuluh ribuan, 3 lembar seribu. Berapakah kurangnya uang Ibu?
    Perhitungan:
    • Uang Ibu = (4 × Rp100.000) + (4 × Rp10.000) + (3 × Rp1.000) = Rp400.000 + Rp40.000 + Rp3.000 = Rp443.000
    • Kekurangan = Rp450.000 – Rp443.000 = Rp7.000
      Pasangan: Rp7.000,00
  2. Soal: Nisa mempunyai uang Rp250.000,00, lalu menerima pengembalian sebesar Rp15.400,00. Berapakah harga buku yang Nisa beli?
    Perhitungan:
    • Harga buku = Rp250.000 – Rp15.400 = Rp234.600,00
      Pasangan: Rp234.600,00
  3. Soal: Sekolah mengadakan kegiatan pengumpulan dana untuk melakukan aksi sosial ke panti asuhan. Kelompok Yohanna mengumpulkan Rp354.500,00. Kelompok Komang berhasil mengumpulkan Rp567.000,00. Berapakah dana yang lebih banyak terkumpul?
    Jawaban:
    Dana lebih banyak terkumpul adalah Rp567.000,00 dari kelompok Komang.
    Pasangan: Rp567.000,00
  4. Soal: Komang mempunyai uang lima ratus enam puluh tujuh ribu rupiah. Bagaimana menuliskannya dalam bentuk bilangan?
    Jawaban:
    Lima ratus enam puluh tujuh ribu rupiah dalam bentuk angka adalah Rp567.000,00
    Pasangan: Rp567.000,00

Kesimpulan

Dengan memahami materi ini, diharapkan siswa dapat lebih mudah mengerjakan soal uji kompetensi matematika dengan tepat dan benar.Dengan memahami cara menulis dan membaca bilangan besar, siswa dapat lebih mudah menyelesaikan soal-soal matematika yang berhubungan dengan bilangan dalam kehidupan sehari-hari. Latihan ini membantu siswa untuk lebih paham tentang konsep bilangan dalam sistem desimal dan menumbuhkan keterampilan dalam menggunakan bilangan besar.

Semoga jawaban-jawaban di atas bermanfaat untuk memahami materi Matematika Kelas 5 dalam Kurikulum Merdeka!

Baca Juga

Guru Pendamping

Jika memerlukan guru pendamping untuk mengajarkan materi tersebut bisa hubungi di sini

Video Pembahasan