Dalam buku Matematika Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka, halaman 92-93 membahas sistem koordinat berpetak dan letak objek dalam ruang. Berikut ini adalah jawaban dari soal-soal yang diberikan pada halaman tersebut.

1. Buatlah denah kelas kalian dalam sistem berpetak seperti yang kalian pelajari dalam Eksplorasi 3.3
Untuk menyusun denah kelas dalam sistem koordinat berpetak:
- Sumbu horizontal dilabeli dengan huruf (A, B, C, D, dst.).
- Sumbu vertikal dilabeli dengan angka (1, 2, 3, 4, dst.).
Contoh:
- Barisan kursi pertama diberi label A, barisan kedua B, dan seterusnya.
- Tiap kolom kursi diberi nomor 1, 2, 3, 4, dst..
Contoh sederhana denah kelas dalam sistem koordinat berpetak:
- Kursi A1 terletak di baris A kolom 1.
- Kursi C3 terletak di baris C kolom 3.
2. Tuliskan lokasi tiga orang teman kalian
Misalkan lokasi tiga teman dalam koordinat adalah sebagai berikut:
- Budi duduk di barisan B, kolom 2, maka lokasinya adalah (B,2).
- Siti duduk di barisan C, kolom 4, maka lokasinya adalah (C,4).
- Andi duduk di barisan D, kolom 3, maka lokasinya adalah (D,3).
Jawaban:
Lokasi tiga teman kalian adalah:
- Budi – (B,2)
- Siti – (C,4)
- Andi – (D,3)
3. Bangun-bangun ruang berikut diletakkan pada kertas berpetak. Tuliskan letak masing-masing
Gambar Bangun Ruang:
Pada gambar soal, terdapat 3 bangun ruang yang diletakkan pada sistem koordinat berpetak:
- Kubus berwarna hijau.
- Kerucut berwarna ungu.
- Bola berwarna kuning.
Menentukan Letak Bangun:
- Kubus: Terletak di koordinat (C,2).
- Kerucut: Terletak di koordinat (E,4).
- Bola: Terletak di koordinat (F,3).
Jawaban:
- Kubus – (C,2)
- Kerucut – (E,4)
- Bola – (F,3)
Penjelasan Tambahan Tentang Sistem Berpetak
Dalam sistem berpetak, setiap titik dinyatakan dalam pasangan koordinat yang terdiri dari:
- Huruf untuk sumbu horizontal (barisan).
- Angka untuk sumbu vertikal (kolom).
Contoh:
- Titik (A,1) berarti baris A dan kolom 1.
- Titik (D,4) berarti baris D dan kolom 4.
Dengan memahami sistem koordinat berpetak, siswa dapat dengan mudah menentukan letak titik atau objek dalam ruang dua dimensi.
Kesimpulan
Halaman 92-93 buku Matematika Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka mengajarkan konsep dasar sistem koordinat berpetak dan penerapannya. Siswa belajar:
- Membuat denah dalam koordinat.
- Menentukan lokasi teman dalam bentuk pasangan huruf dan angka.
- Menentukan letak bangun ruang pada sistem koordinat.
Dengan memahami konsep ini, siswa dapat lebih mudah membaca dan membuat diagram berpetak.
Kata Kunci SEO:
- Jawaban Matematika kelas 6 SD halaman 92-93
- Sistem koordinat berpetak
- Lokasi titik dalam koordinat
- Letak bangun ruang pada koordinat
- Buku Kurikulum Merdeka kelas 6
Demikian artikel lengkap jawaban soal halaman 92-93. Semoga membantu kalian memahami materi koordinat dalam Matematika! Selamat belajar! 📚
Baca Juga
- Jawaban Halaman 54-55Â Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka Latihan 2.1
- Jawaban Halaman 64-65Â Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka Latihan 2.2
- Jawaban Halaman 71Â Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka Latihan 2.3
- Jawaban Halaman 84-85Â Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka Latihan 3.1
- Jawaban Halaman 88-90Â Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka Latihan 3.2
Guru Pendamping :
Jika masih belum memahami konsep materi di atas ayah bunda bisa kami bantu dengan guru pendamping yang berpengalaman hubungi kami di sini