Jawaban Halaman 92-93 Buku Matematika Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka Latihan 3.3 Ayo Mencoba

Dalam buku Matematika Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka, halaman 92-93 membahas sistem koordinat berpetak dan letak objek dalam ruang. Berikut ini adalah jawaban dari soal-soal yang diberikan pada halaman tersebut.


1. Buatlah denah kelas kalian dalam sistem berpetak seperti yang kalian pelajari dalam Eksplorasi 3.3

Untuk menyusun denah kelas dalam sistem koordinat berpetak:

  • Sumbu horizontal dilabeli dengan huruf (A, B, C, D, dst.).
  • Sumbu vertikal dilabeli dengan angka (1, 2, 3, 4, dst.).

Contoh:

  • Barisan kursi pertama diberi label A, barisan kedua B, dan seterusnya.
  • Tiap kolom kursi diberi nomor 1, 2, 3, 4, dst..

Contoh sederhana denah kelas dalam sistem koordinat berpetak:

  • Kursi A1 terletak di baris A kolom 1.
  • Kursi C3 terletak di baris C kolom 3.

2. Tuliskan lokasi tiga orang teman kalian

Misalkan lokasi tiga teman dalam koordinat adalah sebagai berikut:

  • Budi duduk di barisan B, kolom 2, maka lokasinya adalah (B,2).
  • Siti duduk di barisan C, kolom 4, maka lokasinya adalah (C,4).
  • Andi duduk di barisan D, kolom 3, maka lokasinya adalah (D,3).

Jawaban:
Lokasi tiga teman kalian adalah:

  1. Budi – (B,2)
  2. Siti – (C,4)
  3. Andi – (D,3)

3. Bangun-bangun ruang berikut diletakkan pada kertas berpetak. Tuliskan letak masing-masing

Gambar Bangun Ruang:

Pada gambar soal, terdapat 3 bangun ruang yang diletakkan pada sistem koordinat berpetak:

  1. Kubus berwarna hijau.
  2. Kerucut berwarna ungu.
  3. Bola berwarna kuning.

Menentukan Letak Bangun:

  • Kubus: Terletak di koordinat (C,2).
  • Kerucut: Terletak di koordinat (E,4).
  • Bola: Terletak di koordinat (F,3).

Jawaban:

  1. Kubus – (C,2)
  2. Kerucut – (E,4)
  3. Bola – (F,3)

Penjelasan Tambahan Tentang Sistem Berpetak

Dalam sistem berpetak, setiap titik dinyatakan dalam pasangan koordinat yang terdiri dari:

  • Huruf untuk sumbu horizontal (barisan).
  • Angka untuk sumbu vertikal (kolom).

Contoh:

  • Titik (A,1) berarti baris A dan kolom 1.
  • Titik (D,4) berarti baris D dan kolom 4.

Dengan memahami sistem koordinat berpetak, siswa dapat dengan mudah menentukan letak titik atau objek dalam ruang dua dimensi.


Kesimpulan

Halaman 92-93 buku Matematika Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka mengajarkan konsep dasar sistem koordinat berpetak dan penerapannya. Siswa belajar:

  1. Membuat denah dalam koordinat.
  2. Menentukan lokasi teman dalam bentuk pasangan huruf dan angka.
  3. Menentukan letak bangun ruang pada sistem koordinat.

Dengan memahami konsep ini, siswa dapat lebih mudah membaca dan membuat diagram berpetak.


Kata Kunci SEO:

  • Jawaban Matematika kelas 6 SD halaman 92-93
  • Sistem koordinat berpetak
  • Lokasi titik dalam koordinat
  • Letak bangun ruang pada koordinat
  • Buku Kurikulum Merdeka kelas 6

Demikian artikel lengkap jawaban soal halaman 92-93. Semoga membantu kalian memahami materi koordinat dalam Matematika! Selamat belajar! 📚

Baca Juga

Guru Pendamping :

Jika masih belum memahami konsep materi di atas ayah bunda bisa kami bantu dengan guru pendamping yang berpengalaman hubungi kami di sini