Jawaban Halaman 119-120 Buku Matematika Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka

Halaman 119-120 dari buku Matematika kelas 6 SD Kurikulum Merdeka membahas konsep dasar peluang dan keadilan dalam permainan. Artikel ini memberikan penjelasan dan jawaban lengkap dengan bahasa yang mudah dipahami, sesuai dengan pertanyaan di buku.

jawaban halaman 119=120

1. Peluang Melempar Koin 500 Rupiah

Soal

  • Peluang mendapatkan sisi garuda saat melempar koin 500 rupiah adalah … dari … jumlah kemungkinan yang ada.
  • Peluang mendapatkan sisi angka saat melempar koin 500 rupiah adalah … dari … jumlah kemungkinan yang ada.
  • Peluang mendapatkan sisi angka dan sisi garuda (pilih satu) sama/berbeda.

Jawaban

  • Peluang mendapatkan sisi garuda:
  • Peluang mendapatkan sisi angka:

  • Peluang mendapatkan sisi angka dan sisi garuda adalah sama, karena keduanya memiliki peluang 1/2.

2. Undian Pemilihan Ketua Kelas

Pertanyaan

  • Siapa yang memiliki peluang menang paling besar berdasarkan roda putar?
  • Apakah roda putar ini adil untuk menentukan ketua kelas? Mengapa?
  • Bagaimana cara membuat roda putar yang lebih adil?

Jawaban

a. Peluang Menang Berdasarkan Roda Putar
Jika roda putar memiliki ukuran sektor yang berbeda untuk setiap kandidat, maka kandidat dengan sektor terbesar memiliki peluang menang paling besar.

b. Apakah Adil?
Roda putar tidak adil jika ukuran sektor tidak sama untuk semua kandidat, karena peluang tidak merata. Untuk menentukan ketua kelas secara adil, semua kandidat harus memiliki peluang yang sama besar.

c. Membuat Roda Putar yang Lebih Adil
Roda putar yang lebih adil dibuat dengan membagi lingkaran menjadi bagian yang sama besar untuk setiap kandidat. Misalnya, jika ada 4 kandidat, setiap sektor harus memiliki besar sudut 90∘90^\circ (seperempat lingkaran).


3. Permainan Adil dan Tidak Adil

Pengertian Permainan Adil

Permainan disebut adil jika setiap peserta memiliki peluang yang sama besar untuk menang, tanpa ada faktor yang menguntungkan salah satu peserta. Contohnya adalah melempar koin atau dadu standar, di mana setiap hasil memiliki peluang yang sama.

Pengertian Permainan Tidak Adil

Permainan disebut tidak adil jika ada peserta yang memiliki peluang menang lebih besar daripada peserta lain, karena aturan atau alat yang digunakan tidak setara. Contohnya adalah roda putar dengan ukuran sektor yang berbeda.


Kesimpulan

Halaman 119-120 dari buku Matematika kelas 6 mengajarkan konsep dasar peluang dan keadilan dalam permainan. Dengan memahami peluang, siswa dapat mengevaluasi apakah suatu kegiatan atau alat benar-benar adil, serta membuat perubahan untuk menciptakan kondisi yang lebih setara.


Tags: Matematika Kelas 6, Kurikulum Merdeka, Peluang, Permainan Adil, Konsep Keadilan, Soal Matematika SD

Baca juga

Guru Pendamping

Jika masih belum memahami konsep materi di atas ayah bunda bisa kami bantu dengan guru pendamping yang berpengalaman hubungi kami di sini