Halaman 95-96 buku Matematika kelas 6 SD Kurikulum Merdeka mengajarkan siswa untuk menghitung jarak pada sistem berpetak dan memahami gerakan objek seperti kubus dalam bidang dua dimensi. Berikut adalah pembahasan lengkap untuk menjawab soal-soal yang diberikan.

1. Menuliskan Dua Jalur yang Dapat Dilalui
a. Dari (A,3) ke (E,5)
Untuk bergerak dari titik (A,3) ke (E,5):
- Jarak horizontal: Dari A ke E (4 langkah ke kanan).
- Jarak vertikal: Dari 3 ke 5 (2 langkah ke atas).
Berikut dua jalur yang dapat dilalui:
- Jalur 1: A → B → C → D → E → (Naik ke 4 → 5).
- Jalur 2: A → B → (Naik ke 4) → C → D → E → (Naik ke 5).
b. Dari (B,6) ke (D,3)
Untuk bergerak dari titik (B,6) ke (D,3):
- Jarak horizontal: Dari B ke D (2 langkah ke kanan).
- Jarak vertikal: Dari 6 ke 3 (3 langkah ke bawah).
Berikut dua jalur yang dapat dilalui:
- Jalur 1: B → C → D → (Turun ke 5 → 4 → 3).
- Jalur 2: B → (Turun ke 5) → C → (Turun ke 4) → D → (Turun ke 3).
2. Menentukan Jarak antara Titik-Titik Berikut
a. Dari (A,3) ke (E,5)
Jarak pada sistem berpetak dihitung sebagai jumlah langkah horizontal dan vertikal:
- Jarak horizontal: 4 langkah (A ke E).
- Jarak vertikal: 2 langkah (3 ke 5).

b. Dari (B,6) ke (D,3)
- Jarak horizontal: 2 langkah (B ke D).
- Jarak vertikal: 3 langkah (6 ke 3).

3. Memindahkan Kubus dari (F,1) ke (D,2)
a. Gambarkan Jalur yang Dapat Dilalui
Kubus direbahkan dari titik (F,1) ke (D,2). Karena kubus hanya dapat direbahkan ke kanan, ke kiri, ke atas, atau ke bawah tanpa diangkat, jalur yang mungkin adalah:
- Dari F → E → D → (Naik ke 2).
- Dari F → (Naik ke 2) → E → D.
b. Berapa Kali Kubus Direbahkan?
- Langkah horizontal: Dari F ke D melalui E (2 langkah).
- Langkah vertikal: Dari 1 ke 2 (1 langkah).

c. Letak Titik P pada Titik Tujuan (D,2)
Kubus direbahkan ke sisi-sisi tegaknya. Setelah mencapai titik (D,2), titik P akan berada di sisi yang berlawanan dari titik yang pertama kali menyentuh bidang, tergantung jalur yang dipilih.
Kesimpulan
- Jalur pada sistem berpetak dapat direncanakan dengan menghitung langkah horizontal dan vertikal.
- Jarak total adalah jumlah langkah horizontal dan vertikal.
- Objek seperti kubus yang tidak boleh diangkat harus direbahkan sesuai aturan, dengan langkah dihitung sebagai jumlah perubahan posisi horizontal dan vertikal.
Dengan memahami pola ini, siswa akan semakin terampil dalam menyelesaikan soal-soal serupa di masa depan.
Tags: Matematika Kelas 6, Kurikulum Merdeka, Sistem Berpetak, Jarak Terpendek, Gerakan Kubus, Soal Matematika SD.
Baca Juga :
- Jawaban Halaman 71 Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka Latihan 2.3
- Jawaban Halaman 84-85 Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka Latihan 3.1
- Jawaban Halaman 88-90 Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka Latihan 3.2
- Jawaban Halaman 92-93 Buku Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka Latihan 3.3
Guru Pendamping :
Jika masih belum memahami konsep materi di atas ayah bunda bisa kami bantu dengan guru pendamping yang berpengalaman hubungi kami di sini